BREAKING NEWS

Sunday 25 August 2024

Dandim 0722/Kudus Hadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Praja Candi 2024-2025

SEMARANG. Komandan Kodim 0722/Kudus Letkol Inf Andreas Yudhi Wibowo, SIP beserta Kapolres Kudus dan Ketua KPU Kuudus menghadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Praja Candi Dalam Rangka Pengamanan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati Dan Wakil Bupati Serta Pemilihan Walikota Dan Wakil Wali Kota Tahun 2024- 2025 di Wilayah Hukum Polda Jateng Bertempat di Lapangan Parade Kodam IV/Diponegoro Jl. Tanah Putih II, Pudakpayung, Kec. Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah. Senin (26/8/24).

“Apel gelar pasukan ini, merupakan rangkaian operasi untuk memeriksa kesiapan personel, dan kelengkapan sarana prasarana polri serta unsur terkait, sebelum diterjunkan ke lapangan. sehingga diharapkan, semua perencanaan yang telah dipersiapkan dapat berjalan dengan optimal, guna mensukseskan pelaksanaan pilkada yang aman”.

Seperti yang kita ketahui bersama, kehidupan demokrasi di Indonesia telah memberikan ruang masyarakat untuk kebebasan bagi berserikat, berkumpul dan menyampaikan pendapat yang dijamin oleh konstitusi, serta diberikan hak politik yang luas untuk terlibat dalam roda pemerintahan.

Pilkada serentak 2024 adalah bagian dari kemerdekaan rakyat untuk memilih para wakil rakyat maupun kepala pemerintahan, sehingga perlu adanya jaminan keamanan agar setiap tahapan pilkada dapat berjalan damai, pada konteks inilah peran polri dalam mengawal dan mengamankan proses pilkada harus optimal.

Mencermati perkembangan situasi politik berbagai tantangan yang perlu diantisipasi seperti peningkatan suhu politik, bahkan paling yang berpotensi menimbulkan kerawanan sosial politik, yang dapat mengatasi gangguan kamtibmas, seperti : polarisasi sosial, politisasi agama, politik identitas, politik uang, kampanye hitam, isu bernuansa sara dan potensi konflik antar pendukung kontestan pemilu, dan sebagainya.

Demikian pula halnya dengan bentuk kondisi pilkada, baik yang dilakukan oleh penyelenggara pilkada maupun pihak terkait lainnya, pengamanan terhadap kotak suara harus terlaksana dengan lebih baik dan lancar.

 

Share this:

Post a Comment

 
Back To Top
Copyright © 2014 Kudus Pena Dot Com. Gooyaabi Templates