BREAKING NEWS

Thursday 29 February 2024

Cegah Stunting, Satgas TMMD Sengkuyung Tahap I Kodim 0722/Kudus Gelar Penyuluhan

KUDUS – Salah satu kegiatan non fisik dalam program TMMD Sengkuyung Tahap I Kodim 0722/Kudus, adalah bekerjasama dengan DKK Kabupaten Kudus menggelar Sosialisasi serta Penyuluhan Stunting di Desa bulung Kulon Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus, Jum’at (01/03/2024)

Kegiatan tersebut dihadiri anggota Kodim 0722/Kudus, Babinsa Koramil 04/Jekulo,Tenaga Medis dari Puskesmas Jekulo, Ibu PKK dan masyarakat setempat.

“Sudah menjadi tugas kita selaku aparatur kewilayahan untuk selalu aktif serta mendukung dalam segala bentuk kegiatan yang telah dicanangkan, termasuk kegiatan penyuluhan dan sosialisasi stunting ini”,kata babinsa

Menurutnya, sosialisasi yang penting untuk diberikan kepada masyarakat, karena sebagian besar mungkin belum memahami istilah yang disebur stunting.

Ibu Susma Petugas DKK menjelaskan, “Stunting adalah masalah kurang gizi kronis yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam waktu yang cukup lama, sehingga mengakibatkan gangguan pertumbuhan pada anak,yakni tinggi badan anak lebih rendah atau pendek (kerdil) dari standar usianya”,jelasnya

Kondisi tubuh anak yang pendek seringkali dikatakan sebagai factor keturunan (genetik) dari kedua orang tuanya,sehingga masyarakat banyak yang hanya menerima tanpa berbuat apa-apa untuk mencegahnya.

Padahal seperti diketahui, gentika merupakan factor determinan kesehatan yang paling kecil pengaruhnya bila dibandingkan dengan faktor perilaku, lingkungan (sosial,ekonimi,budaya ,politik) dan pelayanan kesehatan.

“Stunting merupakan masalah yang sebenarnya bisa dicegah. Hal-hal yang berpengaruh terhadap terjadinya stunting antara lain pola makan,praktek pengasuhan, kurangnya air bersih dan sanitasi serta faktor lingkungan”, terang Susma

 

Share this:

Post a Comment

 
Back To Top
Copyright © 2014 Kudus Pena Dot Com. Gooyaabi Templates